Hardware dan Software

Hardware dan Software
8 kb . JPEG Image

Share it

Senin, 20 Desember 2010

Makalah Hardware dan Software

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.

B. Rumusan Masalah dan Batasan masalah
a. Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis dapat merumuskan masalah dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut :
1. Bagaimana gambaran bentuk perangkat komputer ?
2. Bagaimana fungsi Hardware dan Software ?
3. kriteria perangkat computer yang sesuai dengan perkembangan jaman ?
b. Batasan masalah
Untuk menghindari meluasnya yang di kaji dalam makalah ini maka dapat di batasi dengan pembatasan sebagai berikut :
1. Subjek makalah
Subjek dalam makalah ini adalah perangkat Hardware dan Software dalam computer
2. Konsep yang di teliti
Dalam makalah ini Penulis mencari berbagai macam perangkat hardware dan software beserta jenis-jenisnya.
C. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan pembuatan makalah ini, adalah sebagai berikut ;
1. Mengetahui gambaran bentuk perangkat computer
2. Mengetahui fungsi hardware dan software
3. Mengetahui kriteria perangkat computer dengan perkembangan jaman
D. Metode Penulisan
Metode yang di gunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode deskriptif . adapun tehnik dalam pengumpulan materi yang di gunakan adalah :
1. Studi Kepustakaan, penulis membaca berbagai literature yang berkaitan dengan perangkat hardware dan software.
2. Mencari referensi lain dari internet seperti gambar, jenis, fungsi dan bentuk hardware maupun software.
E. Sistematika Penulisan
Bab I Pendahuluan ; Meliputi Latar belakang, Rumusan masalah dan Batasan masalah, Tujuan Penulisan, Metode Penulisan, Dan Sistematika Penulisan.
Bab II Isi ; Meliputi Pengertian, Fungsi, Jenis, Tipe,dan Produk
Bab III Penutup ; Meliputi Kesimpulan Dan Saran.
DAFTAR PUSTAKA












BAB II
ISI

1. PERANGKAT KERAS KOMPUTER (HARDWARE)
A. Pengertian
Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).
B Fungsinya
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
komponen dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
1. Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
2. Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

keyboard qwerty
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

perangkat mouse
Mouse Wireless
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

Touch Pad

Touch Pad Track Ball

Pointing Stick
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

perangkat Light Pen
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

Gambar Joy Stick dan Paddle Games


f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

Barcode Reader

contoh barcode
Gambar Barcode
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.

Scanner
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

kamera digital
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

headphone
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
k. Floppy Disk Drive
Floppy disk drive adalah alat untuk menulis, membaca data, juga berfungsi sebagai alat output (perekam) data.

Merk Floppy Disk Drive
Panasonic, Sony, Samsung, Teac, dan sebagainya
l. CD-ROM
CD-ROM adalah alat untuk membaca CD atau VCD pada computer.

Beberapa Kemampuan CD-ROM
CD-ROM dengan kemampuan : 24x, 36x, 40x, 52x, 56, dan seterusnya
Beberapa Merk CD-ROM
Creative, Teac, Philips, LG, Samsung, Sony, Asus, Acer, Prolink, Active, Oepen, Mitshubishi, Gigabyte, dan sebagainya.
m. DVD-ROM
DVD-ROM adalah alat untuk membaca CD, VCD, DVD music atau film berkwalitas tinggi pada computer.

Beberapa Kemampuan DVD-ROM
Samsung, Sony, Panasonic, Pionir, MSI, Freetech, dan sebagainya.
n. CD-RW DRIVE
CD-RW DRIVE adalah alat untuk merekam (backup) data pada CD.

Beberapa Kemampuan CD-RW DRIVE
CD-RE DRIVE dengan kemampuan : 8x8x24, 12x10x32, 24x10x24, 32x10x40, 32x12x40, 40x12x40, 32x14x48, 52x24x48, 48x12x50, 52x32x52, dan sebagainya.

o. DVDRW DRIVE
DVD-RE adalah merekam (backup) data pada CD, CD-RW, dan DVD.

Beberapa Kemampuan DVD-RW DRIVE
DVD-RE DRIVE dengan kemampuan 4x2x12, 8x4x12, 16x4x12 dan seterusnya.
Beberapa Merk DVD-RW DRIVE
Gigabyte, Pioneer, Plextor, Asus, Aopen, TDK, MSI, BTC, LG, Samsung, Sony, BenQ, dan sebagainya.

2. Process device (unit Pemrosesan)
a. Casing
Casing adalah kotak pembungkus perangkat keras (hardware) di dalam CPU.
Bentuk-bentuk Casing
1. Desktop (horizontal)
• Slim desktop

• Standar Dekstop

2. Tower (vertical)
• Mini/Midlle tower





• Full tower

Jenis Casing
• Casing AT

• Casing ATX

Beberapa Merk Casing
Dalmatian, Simbada, Energy, dan sebagainya
Beberapa Case Indikator yang terdapat Pada Casing
• Led HDD (Lampu Indikasi Harddisk bila sedang membaca)
• Led Power (Lampu indikasi Power bila Sedang Menyala dan Tombol Reset)
• Speaker
• Key Lock dan sebagainya
b. Power Supply
Power supply adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai penyalur arus listrik ke berbagai peralatan computer yang terdapat di dalam CPU. Perangkat ini mememiliki lima konektor atau lebih, yang dapat disambungkan ke berbagai peralatan seperti motherboard, harddisk, floppy disk drive, CD-ROM, dan sebagainya

Jenis power
• Power supply AT : terdiri dari 12 pin
• Power supply ATX : terdiri dari 20 pin



Dari sini dapat anda pahami bahwa casing jenis AT adalah casing yang di dalamnya mengandung power supply jenisAT, yang memiliki konektor 12 pin (kaki). Sedangkan casing jenis ATX, adalah casing yang di dalamnya mengandung power supply jenis ATX, yang memiliki konektor 20 pin
c. Motherboard
Motherboard adalah perangkat terpentinh di dalam computer yang dijadikan media atau tempat untuk memasang atau meletakan beberapa peralatan seperti : Prosesor, Memori Card, Sound Card, Card I/O dan sebagainya


Beberapa jenis Motherboard Pentium
• Kelas AT486 : menggunakan Socket 3
• Kelas Pentium I : menggunakan Socket 7/8
• Kelas Pentium II : menggunakan Slot I
• Kelas Pentium III : MEnggunakan Socket 370
• Kelas Pentium IV : menggunakan Socket 423/478
Beberapa Merk Motherboard
Intel, Iwil, Abit, Asus, Elite, Soyo, Jetwey, Atrend, MSI, DFI, dan sebagainya.
d. Prosesor
Prosesor adalah sebuah chip (mikroposesor) yang merupakan otak dan pusat pengendali berbagai perangkat computer, sehingga dapat bekerja satu sama lain.

Satuan prosesor adalah MHz (Mega Hertz), yaitu banyaknya instruksi data yang dapat dikerjakan dalam satu detik.
e. Memori
Memori adalah perangkat yang berfungsi mengolah data dan instruksi, semakin besar memori yang disediakan, semakin banyak dat maupun instruksi yang dapat diolahnya.

Satuan Memori
1 kilo Byte = 1 kb = 1024 Byte
1 Mega Byte = 1 MB = 1024 KB = 1048576 Byte
1 Giga Byte = 1 GB = 1024 MB = 1048576 KB = 1073741824 Byte
Memori yang umum diperdagankan
4 MB – 128 MB, 256 MB, 500 MB, 1 GB, dan seterusnya
f. Card VGA
Card VGA adalah perangkat berupa rangkaian elektronik berbentuk seperti kartu, yang berfungsi menghubungkan motherboard dengan monitor.
Beberapa jenis Card VGA
• Card VGA ISA

• Card VGA EISA




• Card VGA PCI

g. Card I/O
Card I/O adalah sebuah Card yang berfungsi menghubungkan motherboard dengan alat input dan alat output
Beberapa jenis Card I/O
• Card I/O ISA 8 bit

• Card I/O ISA 16 bit

• Card I/O EISA


h. Sound Card
Sound Card adalah perangkat multimedia berbentuk seperti kartu, yang berfungsi mengolah suara pada computer.
Beberapa jenis Sound Card
• Sound Card ISA 8 bit

• Sound Card ISA 16 bit

• Sound Card EISA


• Sound Card PCI

i. Harddisk
Harddisk adalah perangkat computer yang berfungsi menyimpan data dalam kapasitas besar.

Beberapa kapasitas Harddisk
• Harddisk kapasitasnya 540 MB – 250 GB, dan seterusnya
j. Modem
Modem adalah sebuah perangkat computer yang berfungsi mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital di dalam jaringan internet.
Jenis modem
• Modem Internal

• Modem Eksternal

k. Tv Turner
TV Turner adalah alat untuk menerima siaran televise pada computer
Jenis Tuner
• Tuner Internal

• Tuner Eksternal

l. Heatsink Fan
Heatsink adalah perangkat yang berfungsi menyerap panas pada prosesor.


m. Kabel
Kabel adalah sekumpulan baris kabel yang berfungsi menghubungkan komponen computer yang satu dengan yang lainnya, seperti menghubungkann harddisk, floppy disk drive dengan motherboard, dan sebagainya.


3. Output device (unit keluaran)
Alat putput adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan data yang di lakukan CPU.
Beberapa Alat output
a. Monitor
Monitor adalah alat yang berfungsi menampilkan data atau informasi dalam bentuk teks dan grafik.
Beberapa jenis monitor
• CRT adalah jenis monitor berbentuk tabung, karena menggunakan tabung display

• Flat panel/LCD (Liquid Crystal Display)
Adalah jenis monitor yang memiliki permukaan datar, ukuran ringkas, dan konsumsi daya sangat rendah.

b. Printer
Preinter adalah alat cetak informasi atau hasil kerja computer.
Beberapa jenis printer’
• Printer Dot Matrix


• Printer Deskjet

• Printer Laserjet


c. Speaker
Speaker adalah alat output suara.

d. Headphone
Headphone adalah telepon kepala atau output suara yang diletakan di kepala.

4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
Alat penyimpanan (storage), adalah media yang dapat menyimpan data secara permanen dalam jangka waktu panjang, yang suatu ketika dapat di ambil atau dibaca kembali. Selain alat penyimpanan harddisk yang tergolong ke dalam alat proses computer, masih terdapat alat penyimpanan lain yaitu floppy disk dan CD.
a. Floppy Disk / disket
Floppy Disk adalah alat penyimpanan data yang dip roses dari computer.

b. USB Flash Drive
USB Flas Drive adalah media penyimpanan data yang menggunakan port USB

c. CD (Compact Disk)
CD (Compac Disk) adalah media berbentuk piringan, berfungsi menyimpan data hingga 700 Mbyte.









2. PERANGKAT LUNAK KOMPUTER (SOFTWARE)
A. Pengertian
Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi bisa di operasikan.
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
B. Macam-macam Software
Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) .
1. Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.

2. Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).

3. Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.

4. Perbedaan yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata free dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, sama seperti Freeware tidak harus gratis.

5. Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap menggunakannya.

6. Kita juga dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam program periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware. Sebuah contoh yang jelas adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner atau pop-up.
Ada pula beberapa tipe komputer software, diantaranya :
1. Software Games - Jenis software ini termasuk dalam kategori entertainment atau hiburan, software ini memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis tersebut seperti MMOs (Massive Multiplayer Online games), first-person shooters, action games, roleplaying games, and game petualangan.
2. Software Driver – Program in mengijinkan komputer untuk dapat berinteraksi dengan perangkat hardware tambahan seperti printer, scanner, dan video cards.
3. Software Pendidikan – berbeda dengan jenis program sebelumnya, software pendidikan ini dapat mengajarkan apapun dari komputer, melakukan aktifitas yang berhubungan seperti mengetik atau berbagai macam jenis pendidikan lainnya seperti kimia.
4. Media player dan pengembangan software media lainnya Software yang dibuat untuk dapat memainkan atau mengedit media digital seperti file music atau video.
5. Software Produktifitas – Jenis software ini mengijinkan pengguna untuk lebih produktif baik itu dalam menjalankan bisnis atau menjalankan aktifitas produktif lainnya. Contoh dari software ini adalah software pengolah huruf (Ms Words), Software pengatur database, software presentasi dan beberapa software lainnya.
6. Operating sistem – software yang merupakan sumber dari software lainnya yang dapat mengijinkan software lainnya untuk berjalan. Contoh dari software operating sistem ini adalah Window Vista, Mac OS X dan Linux


















BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penulisan tentang perangkat hardware dan software dalam computer disimpulkan sebagai berikut :
1. Komputer merupakan kesatuan perangkat yang tidak bisa di pisahkan antara perangkat satu dengan perangkat yang lainnya.
2. Berdasarkan kegunaanya, perangkat keras computer (Hardware) di golongkan ke dalam 3 buah golongan Utama Yaitu :
• Alat Input
• Alat Proses
• Alat OutPut
3. berdasarkan distribusinya Software atau perangkat lunak komputer dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free.
B. Saran
Setelah di peroleh simpulan sebagaimana di sebutkan diatas untuk selanjutnya di ajukan beberapa saran.
Saran-saran ini hendaknya di jadikan sebagai masukan untuk kemajuan pengetahuan penulis dan pembacanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar